INSTALASI JARINGAN LAN

LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih komputer dalam area yang tidak begitu jauh misalnya dalam sebuah kantor, gedung, sekolah dan lain-lain. Secara umum tipe jaringan LAN dapat dibagi dua yaitu : Peer to Peer dan Client-Server.


Jaringan Peer to Peer merupakan jenis jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dimana setiap komputer mempunyai kedudukan yang sama. dalam artian masing2 komputer berbagi sumberdaya (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Sedangkan, pada jaringan Client-Server terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dapat diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
Untuk membuat suatu jaringan diperlukan beberapa perlengkapan diantaranya sebagai berikut :
 
  • Kabel UTP
  • konektor RJ-45
  • Tang Crimping
  • Lan Tester (kalau ada)
  • LAN Card (biasanya onboard)
  • HUB/ Switch
Pertama-tama kupas kulit kabel UTP kira-kira sepanjang 2cm kemudian luruskan kabel-kabel didalamnya dan urutkan warna sesuai tipe jaringan (cros/straight), potong ujung masing-masing kabel menggunakan crimping agar rata dan masukkan kedalam konektor RJ45. Terakhir masukkan RJ45 tadi kedalam slot crimping dan tekan. Lihat gambar.

Agar lebih paham, silahkan tonton videonya.

Pengkabelan tipe cross biasanya digunakan untuk PC <-> PC, Hub/Swirch/Router <-> Hub/Swirch/Router. Sedangkan tipe straight biasanya digunakan untuk jaringan yang menggunakan Hub/Swirch/Router. Setelah proses pengkabelan selesai dan sudah pasti benar maka sekarang tancapkan konektor kabel utp tadi ke slot lan card, satu ke PC dan satu lagi ke Hub. Kemudian kita setting konfigurasi untuk window.
 
Buka Control Panel > Network Conection, kemudian ikuti langkah-langkah seperti gambar dibawah ini.
 
 
 
 
Untuk pilihan IP address, anda juga dapat memilih "Obtain an IP address automatically" sehingga IP address diatur secara otomatis oleh sistem. 
Selanjutnya tes koneksi ke komputer lain, misalnya IP addresnya 192.168.1.2, maka ketik di menu run "ping 192.168.1.2" tanpa tanda kutip dan tekan enter. Bila koneksi berhasil maka akan tampil di command prompt sebanyak 4 kali tulisan "Replay from 192.168.1.2.......". Apabila komputer anda sudah terkoneksi dengan internet maka anda dapat langsung mencoba membuka satu situs website.
Apabila masih belum bisa terkoneksi maka periksa lagi konfigurasinya karena pengkabelan sudah kita pastikan benar, anda dapat memilih IP address lain atau merubahnya menjadi otomatis.